Pages

Thursday 7 April 2016

tekhnik memasang benang pada mesin jahit kecil

Dalam artikel ini saya akan memberikan tutorial susunan memasukan benang ke mesin jahit kecil, mesin jahit kecil biasa di gunakan oleh perorangan, atau usaha jahit yang tidak terlalu membutuhkan kecepatan dalam pengerjaan jahitan, biasanya di gunakan di tailor dan butik, merk mesin jahit ini banyak sekali,
contohnya seperti singer, butterfly, standard, rose, linda dan lain-lain, tapi bagi saya sendiri yang terbaik dari semua merk tersebut adalah merk Singer, kualitas dari mesin jahit ini sudah tidak perlu di ragukan lagi, bagi Anda yang saat ini ingin membeli sebuah mesin jahit kecil maka ada baiknya membeli mesin jahit dengan merk tersebut,  pastinya bagi yang baru mengenal mesin jahit tentu bingung juga susunan benangnya bagaimana sampai masuk ke dalam jarum, karena jika salah memasangnya bisa mengakibatkan hal yang tidak di inginkan, contohnya saja hasil jahitan tidak bagus, mesin menjadi macet karena banyak benang menggulung di rumah sekoci dan lain sebagainya, karena itu biarpun ilmu ini sepele bagi yang sudah mahir menjahit, tapi bagi yang belum tahu tentu akan sangat berguna sekali, langsung saja kita mulai tutorialnya seperti berikut ini:
1. taruhlah benang jahit ke besi tempat benang jahit, biasanya terletak di atas mesin sebelah kanan dekat dengan gelinding mesin jahit, jika benang jahitnya besar bisa di taruh di bawah kaki kita dengan catatan benang jahitnya tetap di taruh melewati besi tempat benang tersebut.




2. setelah benang berada di besi tempat benang selanjutnya ambil ujung benang tersebut lalu tarik ke depan kepala mesin jahit, kemudian selipkan di celah yang ada di muka mesin jahit sebelah kiri


3. jika sudah selanjutnya ujung benang tersebut di tarik kembali lalu masukan ke tengah tengah congcot mesin, usahakan agar masuk semua ke dalam besinya, per yang ada di congcot mesin ini berguna untuk mengatur kendur atau kencangnya congcot tersebut menjepit benang jahit yang hasilnya berpengaruh pada jahitan



4. kemudian ujung benang kita masukan ke lubang besi yang jika mesin kita jalankan akan bergerak naik turun (saya kurang tahu namanya)




5. jika sudah selanjutnya masukan kecelah besi kecil yang ada di atas jarum mesin, besi kecil ini berfungsi agar benang tidak bergeser atau tetap berada pada jalurnya.




6. selanjutnya yang terakhir adalah memasukan ujung benang jahit ke lubang jarum mesin, jika sudah masuk tariklah ujung benang tersebut agak panjang sekitar sepuluh cm agar benang tidak lepas kembali ketika mesin mulai di jalankan.


Sampai sini pemasangan benang jahit sudah selesai, selanjutnya tinggal menjalankannya untuk menjahit, saat menjahit perhatikan juga ukuran jarum mesin yang di gunakan, jika bahan tebal gunakan jarum no. 16 atau no.10, tapi jika bahannya tipis gunakan nomer yang kecil seperti no.13 atau jika bahan sangat halus gunakan jarum no.9 dan jangan gunakan jarum yang sudah tumpul untuk menjahit bahan yang tipis, karena akan mengakibatkan bahan berkerut bahkan berlubang. Demikanlah tutorial yang bisa saya berikan semoga dapat memberikan manfa’at bagi yang membutuhkan, terima kasih.

1 komentar:

desni utami said...

oooh ini yang mini portable sewing machine ya? cara masang benangnya mirip yang mesin item jadul itu ya ternyata hihi.. bagus nih ilustrasinya

Post a Comment